18 October 2021

Mengenal Tentang Human Resource dan Fungsinya

Mengenal Tentang Human Resource dan Fungsinya

Apa Itu Human Resource ?

Human Resource adalah seorang tenaga ahli di bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada sebuah Perusahaan dimana tempat kita bekerja.

Human Resource atau yang biasa disebut dengan HRD di Sebuah Perusahaan memiliki peran yang cukup besar pada tempat dimana mereka bekerja saat ini.

Mereka lah nantinya yang akan bertanggung jawab dalam kemajuan sebuah Perusahaan, dimana HRD yang baik akan memberikan dorongan kepada Karyawan lainnya.

Mengapa Human Resource Dibutuhkan ?

Pada dasarnya setiap Perusahaan ingin untuk menghasilkan profit yang lebih besar dan juga menurunkan biaya pada waste of resource agar bisa diolah menjadi barang lainnya untuk menghasilkan profit lagi.

Maka dari itu biasanya Perusahaan membutuhkan tenaga ahli, nah untuk mencari tenaga ahli hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan juga menyenangkan.

Hal ini dikarenakan biasanya Tenaga Ahli sangat sulit didapatkan karena Perusahaan lainnya juga mencari tenaga ahli yang sama.

Maka dari itu biasanya HRD memberikan Peelatihan kepada Karyawan Internal yang bertujuan untuk membuat Karyawan tersebut menjadi tenaga ahli.

Diatas adalah salah satu contoh mengapa HRD dibutuhkan, contoh lainnya adalah HRD sebagai jembatan antara Karyawan dan juga Pihak Atasan jika ada concern yang ingin disampaikan.

Dimana HRD mendengarkan suara karyawan agar di sampaikan kepada atasan, jika concern masih belum terselesaikan maka HRD bisa memberikan jalan tengah untuk permintaan tersebut.

Apa Saja Tugas HRD di Perusahaan?

Tugas seorang HRD di Perusahaan bisa dibilang cukup banyak, kita akan membahas lebih mendalam dibawah, yuk simak:

Melakukan Pencarian Pekerja & Seleksi Calon Karyawan

Tugas HRD Mencari Calon Karyawan

Setiap Perusahaan pasti bermimpi untuk memilik Karyawan terbaik di Perusahaan mereka, yang memiliki kinerja yang cukup tinggi dan cukup kompeten di bidangnya.

Salah satu tugas HRD adalah untuk mencari Karyawan dengan skill dan juga visi dan misi yang sama dengan Perusahaan tempatnya bekerja.

Memberikan Pelatihan & Pengembangan Karir bagi Karyawan

Training Karyawan
Training Karyawan

Tugas selanjutnya dari seorang HRD adalah untuk memberikan kesempatan kepada Karyawan untuk mengembangkan skill yang dimilikinya sekarang.

Untuk melakukan Hal ini HRD bisa mengikutkan pelatihan untuk Karyawan, jika kalian membutuhkan Pelatihan di Bidang Safety kalian bisa menghubungi kami.

Selain itu HRD juga harus memberikan pengembangan karir bagi Karyawan setelah melakukan upgrade Skill Pekerja.

Pertama pekerja harus bisa membuktikan dan juga mengaplikasikan pengembangan skill nya tanpa masalah, sehingga dibutuhkan waktu tidak sedikit.

Setelah dirasa Karyawan tersebut bisa mengatasi berbagai masalah di pekerjaannya maka nantinya Karyawan tersebut bisa meminta ke HRD untuk rekomendasi naik jabatan.

Memberi Kompensasi dan Benefit

Tugas ini juga kerap mengingatkan kita pada profesi HRD di dalam suatu perusahaan. Di saat yang bersamaan, tugas ini juga berperan penting dalam mendukung perusahaan.

HRD adalah divisi yang memiliki kewenangan untuk merancang program kompensasi (mulai dari upah, program asuransi wajib dari negara, dll) hingga benefit. Tidak hanya merancang, divisi ini juga mengatur skema dan tata cara pendistribusiannya.

Benefit juga merupakan bentuk perhatian perusahaan kepada karyawannya, sehingga pekerjaan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja!

Tentu saja, pelaku profesi HRD harus memahami betul undang-undang maupun peraturan lain yang mengatur tentang kompensasi dan pengupahan. Apalagi karena issue ini cukup sensitif dan menyangkut kesejahteraan karyawan.

Penilaian Performa

Penilaian Performa
Penilaian Performa

Tugas lain dari profesi HRD adalah penilaian performance karyawan, biasa dikenal dalam istilah evaluasi karyawan.

Penilaian kinerja bagi sebagian karyawan akan sangat dinantikan karena bisa berarti kenaikan gaji. Bagi yang lain, momen evaluasi bisa menjadi momen yang justru ditakuti karena menentukan kelangsungan karir karyawan.

Sedangkan bagi perusahaan, evaluasi adalah momen dimana perusahaan menilai kinerja karyawan sekaligus melakukan refleksi terhadap program pelatihan dan pengembangan yang disediakan untuk karyawan.

Jika terlihat tidak ada perkembangan, manajemen harus memikirkan cara memperbaiki kualitas pelatihan dan pengembangan karyawan.

Juga, jika kriteria penilaian tidak jelas, karyawan akan kehilangan arah yang akan memengaruhi motivasi mereka. Evaluasi sangat penting dan berperan dalam pertumbuhan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *