Penjelasan Tentang Kebakaran dan Klasifikasinya

Penjelasan Tentang Kebakaran dan Klasifikasinya

Apa Itu Kebakaran ?

Kebakaran adalah nyala api dalam bentuk besar ataupun kecil di suatu tempat, situasi, dan juga waktu yang tidak di kehendaki yang bersifat merusak.

Pada umumnya Api dengan sifat ini sangat sulit dikendalikan dan juga akan memakan kerugian baik itu material ataupun imateriil.

Definisi Api Kebakaran

Definisi dari Api adalah terjadinya suatu reaksi kimia yaitu Oksidasi yang dihasilkan dari 3 unsur, yaitu Panas, Oksigen & Flamable Material ( Bahan Mudah Terbakar ).

Teori Segitiga Api

Segitiga Api

Untuk lebih mudah dalam pengingatan biasanya Teori ini disebut dengan Teori Segitiga Api, dimana akan terjadi Chain Reaction jika 3 bahan utaman tersebut berdekatan.

Jenis Kebakaran

Setelah kita membahas tentang pengertian dan juga Definisi tentang Api, kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam jenis kebakaran.

Hal ini dikarenakan setiap Api yang dihasilkan oleh Flamable Material memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya, jadi dilakukanlah klasifikasi seperti dibawah.

Class A

Jenis pertama adalah Class A, dimana pada kategori ini api dihasilkan dari bahan padat non logam, contohnya adalah plastik, kertas, kayu dan sebagainya.

Class B

Jenis Api selanjutnya adalah Class B, dimana api pada kategori ini berasal dari bahan cair yang mudah terbakar dalam waktu singkat.

Contohnya adalah Minyak ( Oli, Bensin, Solar ), Alkohol, Cat, Methanol, dan juga bahan cair mudah terbakar lainnya.

Class C

Untuk Jenis Api Class C cukup berbeda dibandingkan dengan Jenis Api lainnya, dikarenakan jenis api ini berasal dari Instalasi Listrik yang bertegangan.

Class D

Untuk api jenis Class D, Api ini dihasilkan dari berbagai macam bahan – bahan logam yang mudah terbakar,

Contohnya adalah, Aluminium, Lithium, Potasium, Sodium dan berbagai bahan logam mudah terbakar lainnya.

Class K

Jenis Api terakhir adalah Class K, dimana Api ini berasal dari minyak masak ataupun dari lemak hewani yang digunakan untuk proses masak.

Contohnya adalah Minyak Sayur, Minyak Hewan, ataupun lemak yang digunakan untuk memasak.

Source Artikel: Sobat K3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *