22 November 2021

Manfaat Pembentukan Character & Fungsinya

Manfaat Pembentukan Character & Fungsinya

Melalui pembentukan karakter banyak hal yang bisa didapatkan. Apalagi bagi seorang pemimpin perusahaan, character building menjadi modal untuk menjalankan roda perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

Dalam perusahaan, karyawan yang telah mengikuti pelatihan pembangunan character akan mendapatkan output berupa :

1. Diterima Di Lingkungan Kerja

Hal pertama yang akan dirasakan bagi karyawan yang telah melakukan pelatihan pembangunan karakter adalah diterima di lingkungan kerja.

Mengapa? sebab jika seseorang dapat membentuk karakter dengan baik, maka akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Apalagi orang yang berkarakter tentu memiliki watak dan akhlak yang baik.

Jika seseorang memiliki kedua hal tersebut tentu saja orang akan dengan mudah menerimanya.

2. Mudah Berbaur Dengan Lingkungan Kerja

Jika sudah diterima dengan baik di lingkungannya maka seseorang akan lebih mudah berbaur.

Bagi seorang pemimpin ini sangat diperlukan, karena dengan berbaur dengan karyawan maupun lingkungan kerja lainnya akan dengan mudah mengidentifikasi masalah dan kendala yang dihadapi.

Dengan begitu masalah dan kendala akan lebih mudah dan cepat untuk diminimalisir.

3. Menciptakan SDM Berkualitas

Pemimpin maupun karyawan yang bercharacter dapat menyesuaikan diri serta berbaur dengan semua lingkungan kerja. Salah satu keuntungan yang didapatkan yaitu akan lebih terpancar kecerdasannya.

Sebab dalam dunia kerja maupun bisnis bukan mengenai kecerdasan intelektualnya saja yang diutamakan, melainkan pemimpin yang bercharacter juga sangat diperlukan.

4. Dapat Menjadi Panutan

Secara alami manusia akan meniru hal-hal yang menurut mereka baik. Kondisi ini terjadi melalui alam bawah sadar. Oleh karenanya seorang pemimpin yang berkarakter dapat dengan mudah menjadi panutan bawahannya.

Hal ini sangat menguntungkan bagi seorang pemimpin, sebab apabila seorang bawahan telah menjadikan pemimpinnya sebagai panutan, maka akan dengan mudah mengontrol dan mengarahkan bawahan untuk bekerja dengan baik dan benar.

5. Mudah Meraih Kesuksesan

Apabila pemimpin telah memiliki keempat poin di atas maka peluang untuk sukses semakin terbuka. Pasalnya dengan memiliki modal karakter seperti poin di atas akan dengan mudah mengontrol dan mengarahkan bawahan.

Begitu pula bawahan akan lebih menghormati dan menghargai pemimpin yang berkarakter dan menjadi panutan. Dengan hubungan yang positif seperti ini akan meningkatkan kinerja serta produktifitas perusahaan Anda.

Pembangunan Character Bersama PT. Nusantara Traisser

Character merupakan perilaku yang tertanam dengan kuat dalam diri seseorang yang dibentuk selama bertahun-tahun.

Character itu sendiri terbentuk dari proses melihat, mendengar, menyerap dan mengikuti sehingga masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan menjadi kebiasaan untuk dilakukan.

Namun pemahaman tentang character building ini masih sering disepelekan oleh banyak orang.

Padahal pembentukan character sangat penting dan terbukti dengan fakta yang terjadi.

Berdasarkan sebuah fakta menyebutkan sebanyak satu per tiga perusahaan yang terdaftar pada majalah Fortune 500 tahun 1970 namun kemudian lenyap pada tahun 1983.

Hal ini disebabkan karena faktor internal seperti perilaku kurang disiplin, malas, egois dan tidak mau bekerjasama. Faktor internal ini akibat buruknya character yang dimiliki karyawan.

Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi dalam perusahaan Anda bukan? Oleh karena itu mulai sekarang tanamkan character building bagi karyawan Anda.

Pemahaman karyawan mengenai pembentukan karakter sangat dibutuhkan.

Hal ini akan merangsang karyawan untuk berperilaku baik. Dengan begitu kinerja karyawan Anda akan meningkat dan berdampak baik bagi produktifitas perusahaan ataupun bisnis Anda.

Lalu bagaimana mendapatkan pemahaman mengenai character building bagi karyawan Anda?

 


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *