8 November 2021

Sentimen Go Green Semakin Besar di Indonesia

Sentimen Go Green Semakin Besar di Indonesia

Apa Itu Go Green ?

Go Green adalah sebuah gerakan atauapun kegiatan yang dilakukan oleh seluruh umat manusia di muka bumi, kegiatan ini bertujuan untuk merawat bumi kembali agar menjadi nyaman untuk ditinggali.

Kegiatan ini merupakah salah satu bentuk kesadaran manusia terhadap alam agar bumi yang kita tinggali menjadi lebih nyaman dan juga indah.

Gerakan Go Green atau penghijauan bumi ini sendiri memiliki sentimen yang cukup positif untuk seluruh umat manusia, selain membuat bumi lebih nyaman ditinggali.

Species lainnya pun juga akan lebih terjaga sehingga tidak terputusnya rantai ekosistem yang bisa menggangu kehidupan kita di bumi ini.

Penyebab Terjadinya Gerakan Go Green

Tahukah kalian semenjak revolusi Industri 1.0 hingga revolusi Industri 4.0 sampai saat ini kita masih melakukan eksploitasi alam secara berlebihan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan Climate Gov tentang laporan pemanasan global yang suhunya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Bahkan pada tahun 2020 merupakan tahun terhangat kedua dalam kurun waktu 140 tahun terakhir, bahkan suhu hangat ini mencapai Antartica.

Sedangkan tahun 2015 sendiri merupakan tahun terpanas dalam sejarah semenjak kita mulai mencatat perubahan iklim cuaca di bumi dari tahun 1880.

Jika hal ini terjadi terus menerus, maka bisa dipastikan bumi akan semakin panas dari tahun ke tahun dan akan menyebabkan kenaikan volume air di lautan.

Jika hal ini terjadi maka akan banyak sekali terjadi bencana alam yang akan mengintai kita, mulai dari Tsunami, Penamasan Global, terganggunya ekosistem alam dan sebagainya.

Kalian bisa lihat cuplikan video dibawah ini yang menjelaskan tentang Pemanasan Global.

Pada video diatas kalian bisa melihat, salah satu penyumbang terbesar dari perubahan iklim adalah pembakaran bahan bakar fossil yang dilakukan oleh Corporate.

Namun hal ini bukan hanya kesalahan Corporate saja, tapi juga salah kita sebagai umat manusia karena kita tidak menggunakan Energi secara bijak.

Alasan Terjadinya Gerakan Go Green

Gerakan Go Green terjadi dikarenakan kondisi bumi yang semakin kritis, jika kalian perhatikan berita belakangan ini kalian pasti melihat berbagai macam berita bencana dan lainnya.

Bahkan karena perubahan iklim yang terjadi ini membuat salah satu Glacier di Antartika yang disebut dengan Pine Island mengalami pencairan hingga terjadinya penyusutan dan akhirnya runtuh.

Berkat hal tersebut, membuat volume air laut naik lebih tinggi lagi daripada umumnya. Apakah kalian pernah membayangkan tentang apa yang terjadi jika volume air menjadi semakin bertambah seiring dengan berjalannya tahun ?

Perusahaan Beralih Ke Go Green ?

Tujuan Terjadinya Gerakan Penghijauan

Berkat semakin banyaknya gerakan penghijauan ini membuat beberapa Perusahaan untuk memutuskan mengikuti kaidah Eco Friendly juga loh.

Hal ini dibuktikan dengan mulainya banyak Perusahaan Internasional yang mulai menerapkan bisnis dengan metode Green Product dan Green Conduct ini.

Salah satu Perusahaan Furniture terbesar di dunia yaitu Ikea mulai melakukan penerapan kaidah Eco Friendly, mereka melakukannya dengan membuat furniture dari bahan pelestarian hutan.

Selain itu Ikea juga memanfaat berbagai macam produk daur ulang pada pembuatan produk mereka, sehingga mereka akan bisa mengurangi limbah buang produk mereka.

Nah jika Perusahaan Internasional sudah banyak yang mulai menerapkan langkah penghijauan, lalu bagaimana dengan Perusahaan Nasional kita ?

Perusahaan Nasional kita juga tidak mau kalah tentunya dalam hal ini, salah satu contoh Perusahaan yang menerapkan system Eco Friendly adalah PT. Sinar Sosro

PT. Sinar Sosro adalah salah satu Perusahaan yang menerapkan 3K & RL ( Keamanan, Kesehatan, Kualitas & Ramah Lingkungan ).

Hal ini sendiri terbukti dengan adanya berbagai macam program yang dilakukan oleh Sinar Sosro dimana salah satu program tersebut adalah tentang pengupayaan pengelolaan limbah.

Nantinya limbah tersebut akan diolah menjadi sesuatu agar tidak menganggu lingkungan, salah satu contohnya adalah limbah ampas tes yang akan kemudian diubah menjadi kompos.

Selain program pengolaan limbah, Sinar Sosro juga membuat program Sekolah Sehat Sosro dimana tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan sehat.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *